Minggu, 06 Februari 2011

Resolusi Tahun 2011


1.    Mengurangi makan daging
Ketika tidak semua orang siap untuk menjadi vegetarian 100 %, tidak ada keraguan bahwa mengurangi konsumsi daging adalah salah satu cara baik untuk mengurangi jejak karbonmu terhadap bumi ini. Pilihlah satu atau dua hari dalam seminggu, dimana kamu hanya akan memasak dan memakan makanan vegetarian. Pilihlah buku resep masakan vegetarian untuk membuat masakan terenak atau mencari warung gado-gado, pecel atau masakan Indonesia lain yang kaya akan sayuran dan menjadi andalan di kotamu .
2.    Pilihlah buah dan sayuran lokal
Memang sangat menggoda memakan buah apel amerika atau sayuran impor lainnya dari negara lain, namun mengimpor buahdan sayuran tersebut menghabiskan banyak energi dan membuang karbon dalam perjalanannya. Indonesia, kaya akan buah dan sayuran lokal yang tak kalah lezat dan bergizi dibandingkan buah impor. Berjalanlah ke pasar tradisonal dan temukan buah-buahan lokal yang asli 100% dari Indonesia. Love Indonesia
3.    Ayo kayuh sepedamu
Mereka yang mulai kegiatan bersepeda ke kantor atau ke supermarket lebih merasa dekat dengan lingkungannya dan menemukan kepuasan tersendiri. (Ya,kecuali kamu tinggal di daerah pegunungan)  Resolusi ini yang dapat membuat kamu lebih rileks setiap harinya. Tidak percaya? Coba kayuh sepedamu sekarang
4.    Menggunakan transportasi publik lebih sering
Saat ini di Jakarta, koridor Busway mulai diperbanyak, dan kedepannya akan dibuat lebih maksimal dan semoga lebih manusiawi, jadi tidak ada salahnya meninggalkan mobil atau motor kamu dan beralih menggunakan transportasi publik daripada terjebak kemacetan dan membuang bahan bakar. Jika transportasi umum di daerah kamu belum tertata dengan baik, saatnya gabung dengan mereka yang peduli dengan masalah transportasi dan berikan suaramu supaya dapat menekan pemerintah daerah memberikan apa yang seharusnya ada untuk warga mereka.
5.    Rumah yang lebih efisien
Untuk saat ini, tentu kamu sudah mengganti lampu rumah/tempat tinggalmu dengan yang lebih hemat energy kan? Kini saatnya lebih meningkatkan efisiensi rumah kamu ke level berikutnya. Cek dan periksa AC di rumahmu, tidak perlu memasang suhu yang terlalu dingin yang mengharuskanmu menggunakan selimut. Itu hanya akan membuang buang energi. Membuat ventilasi yang baik dan perbanyak tanaman di rumahmu. Dengan cara ini  kami rumahmu akan jauh lebih sejuk dan nyaman secara alami. Unplug (cabut) charger handphone atau barang elekronik yang tidak terpakai, jgn dibiarkan berada pada keadaan stand by.
6.    Menggunakan peralatan rumah tangga yang bebas racun.
Ini mungkin akan membutuhkan sedikit waktu tambahan untuk menelitinya, jadi rencanakan untuk melakukan ini sepanjang tahun. Dari produk kecantikan hingga detergen bahkan peralatan computer, kita tak sadar telah melibatkan racun dalam keseharian kita. Kini waktunya untuk menjadi konsumen cerdas dengan melihat bahan dan mengandung apa, paling tidak yg memiliki sedikit kandungan beracun.
7.    Gunakan peralatan elektronikmu sepanjang tahun.
Telepon seluler terbaru? Dan harus memiliki ipad terbaru? Dan ratusan gadget baru akan hadir tahun ini. Tingkat konsumsi elektronik dunia sudah pada tahap menghawatirkan. Berilah jeda waktu pembelian alat elektronik dan membuat janji tidak akan membeli kecuali rusak,
8.    Memilah dan mendaur ulang sampah lebih selektif
Saat ini kamu telah memilah sampahmu di dua tempat sampah berbeda kan? organik dan non organik. Namun jangan berhenti sampai disitu saja. Di 2011 ini cobalah untuk mengurangi sampah yang kamu buang. Jika mempunyai halaman, ayo membuat kompos dari sampah sisa makanan. Ketika di supermarket, ambil produk yang tidak dikemas berlebihan (kamu mungkin pernah melihat kemasan plastik dibungkus plastik lagi dan dimasukkan kedalam kotak kertas dan dibungkus plastik lagi, dll). Dan jangan lupa selalu membawa tas belanja sendiri. Bumi ini TIDAK butuh tambahan sampah plastik lagi.
9.    Habiskan lebih banyak waktu di luar ruang
Belajar menikmati alam bebas. Buat kebiasaan seminggu sekali berkegiatan di taman atau alam terbuka. Banyak pilihan tempat yang bisa dijangkau saat ini. Jangan terlalu sering diam di dalam rumah, kantor, dan mobil kamu, cobalah sesekali berinteraksi dibawah sinar matahari. Alam Indonesia sangat indah untuk di jelajahi.
10.  Pastikan (sekurangnya) 3 teman kamu bergabung bersama Greenpeace
Kenapa tiga? Karena kebanyakan orang memiliki 3 orang dekat di sekitarnya yang dapat diajak untuk berbuat sesuatu yang baik. Jika 3 orang tersebut mengajak 3 orang lainnya di tahun berikutnya dan terus, maka kita akan membangun sebuah gerakan besar dalam melindungi planet bumi kita ini dan resolusi diatas akan dilakukan oleh semua orang di dunia ini.
Ingat : Tahun 2011 Pemerintah Indonesia telah menetapkan moratorium penebangan hutan Indonesia. Mari kita awasi...
 Ditulis oleh Rizky Harsya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar