Minggu, 06 Februari 2011

2011, Jadi 25 PTN Terbaik


TARGET Universitas Lampung (Unila) tahun ini menjadi 25 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Untuk mencapai itu, kata Rektor Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Haryanto, M.S., pihaknya telah menetapkan visi.Keenam visi tersebut, terangnya, antara lain mewujudkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas;  mewujudkan budaya akademik yang kondusif, dinamis, dan bermoral; mewujudkan tata kelola organisasi Unila yang baik (good university governance); mewujudkan aksesibilitas dan ekuitas pendidikan tinggi; serta menjadi agen perubahan dan menjaga kebenaran dan keadilan bagi kepentingan masyarakat.


Kemudian mewujudkan kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain pemerintah, masyarakat, dunia usaha, lembaga nonpemerintah, serta dalam dan luar negeri yang saling memberikan manfaat secara berkelanjutan. ''Ini sudah berjalan sejak tahun 2007 lalu,'' jelasnya.
Sugeng menambahkan, strategi utama pembangunan yang dilakukan Unila adalah  peningkatan kapasitas dan modernisasi. Upaya-upaya yang juga telah dilakukannya meliputi pengembangan atau penyediaan berbagai sarana-prasarana, perubahan berbagai kebijakan inovatif yang menunjang sistem dan proses pembelajaran, pengembangan sumber daya manusia (SDM) tenaga akademik, penguatan manajemen internal dan tata kelola, peningkatan kapasitas dan modernisasi sistem teknologi informasi, serta pengembangan suasana dan budaya akademik.
''Langkah peningkatan kapasitas diarahkan untuk menunjang kepemimpinan yang andal dalam rangka peningkatan akreditasi Unila dan membangun pencitraan Unila. Yaitu melalui peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran, proses dan hasil penelitian, serta peningkatan produktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat,'' terangnya.
Sugeng juga menargretkan, pada 2014 Unila menjadi 10 PTN terbaik di Indonesia. Sedangkan tahun ini saja sudah masuk 11 perguruan tinggi terbaik. Namun khusus bidang penelitian di luar pulau Jawa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar